Introduction: FM Corner

IntroHalo gan, udah lumayan lama nih gue ga ngepost di blog ini karena satu dan lain hal. Kali ini gue mutusin untuk nambah satu kategori tulisan lagi di blog gue yaitu FM Corner. Apa itu FM Corner? Jadi FM Corner itu adalah singkatan dari Football Manager Corner, dimana kategori dikhususkan untuk tulisan-tulisan seputar game Football Manager yang hobi banget gue maenin. Saat ini mungkin gue akan bikin post tentang FM seminggu sekali dengan bahasan pertandingan yang gue maenin tiap minggunya tanpa trik licik Save & Load. Jadi semua kejadian yang gue alamin di game kayak transfer pemain, training, taktik dll akan gue bahas tiap minggunya sesuai yang gue alamin di game yang gue maenin.

Langsung aja, post ini gue akan bahas perkenalan tentang tim yang bakal gue pake yang gak lain dan gak bukan adalah Manchester United. Untuk game kali ini gue milih 7 negara yang terdiri dari 8 liga yang playable. Apa itu playble? Maksud playable disini adalah ketika nanti kita ingin pindah melatih tim lain kita bisa melatih tim-tim yang berada di dalam liga-liga tersebut. Berikut adalah negara beserta liga yang gue pilih.

Active Leagues

Gue sengaja cuma milih semua liga teratas di semua negara karena gue bakal ngelatih MU dan ekspektasi gue gue ingin terus bertahan disana sehingga butuh pemain-pemain yang setidaknya berlaga di liga-liga top Eropa. Lalu gue juga milih Large database karena gue ingin cakupan pemain yang cukup lengkap sebagai opsi nantinya. Terakhir gue milih waktu bertanding di tanggal pramusim yang paling awal karena gue ingin ngerombak staf dan skuad sekaligus ngegodok taktik biar pemain bisa beradaptasi secepat mungkin sebelum mulai musim baru.

Selanjutnya untuk profil gue sebagai pelatih bisa dilihat pada gambar di bawah.

Profil

Gue memilih untuk berusia 46 tahun yang termasuk muda untuk ukuran pelatih yang melatih tim sebesar MU. Tantangannya adalah karena gue masih terlalu muda dan masih minim pengalaman maka gue harus bisa menemukan metode yang cocok agar semua pemain bisa bahagia di tim dan respect sama gue. Untuk kewarganegaraan gue milih kewarganegaraan ganda yaitu Indonesia dan Inggris walaupun di kenyataan pasti gak bakal bisa hehe. Gue milh Inggris sebagai kewarganegaraan kedua supaya otomatis bahasa yang gue bisa bahasa Inggris jadi ga akan ada amasalah komunikasi dengan tim nantinya.Untuk kualifikasi atau lisensi kepelatihan gue memilih Continental Pro License yang merupakan lisensi kepelatihan tertinggi dan untuk pengalaman bermain gue memilih sebagai International Player yang juga merupakan salah satu tingkat pengalaman bermain paling tinggi dalam FM.

Seperti yang gue bilang di atas gue bakal milih MU sebagai tim yang akan gue komandoi. Berikut adalah profil singkatnya.

Profil tim

Manchester United adalah tim profesional dari daratan Inggris yang sudah memiliki reputasi yang sangat mendunia bahkan sering dibilang amat sangat mainstream karena hampir setiap hari kita bisa menemui orang yang mengenakan atributnya. Termasuk salah satu tim yang kaya akan sejarah dan juga bergelimang harta. Berdasarkan informasi terakhir di game ini estimasi keseluruhan nilai MU jika diuangkan adalah 1,28 Miliar Poundsterling dengan hutang sebesar 543 juta Poundsterling. Bermarkas di Old Trafford yang mempunya kapasitas sebanyak 75.000 kursi, memiliki fasilitas latihan untuk tim utama dengan level state of the art yang berarti fasilitas ini adalah salah satu yang terbaik di dunia. MU juga dikenal dengan pemain-pemain jebolan akademinya yang fantastis. Beberapa yang terbaik akan bisa menembus tim utama dengan menyandang label wonderkid tetapi yang tidak dapat menembus tim utama pun banyak yang memutuskan untuk pindah klub dan menjadi pilar-pilar penting di klub yang mereka belah setelahnya. Hal ini dikarenakan fasilitas latihan para pemain mudanya pun merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Untuk memulai musim ini gue harus puas untuk mengasuh MU berkompetisi di liga Eropa.

Pada awal game kita akan disuguhi oleh berbagai macam sambutan dan juga perkenalan dengan para direksi dan pelatih-pelatih di MU serta akan diceritakan sejarah panjang MU selama berkompetisi di sepakbola. Selain itu akan ada laporan juga pemain-pemain mana saja yang saat ini sedang menjalani masa pinjaman di klub lain seperti gambar di bawah.

Loan List

Dari data di atas hampir semua pemain muda yang memiliki potensial cukup tinggi saat ini sedangnya dipinjamkan ke klub lain kecuali Guillermo Varela yang sudah berusia 23 tahun. Gue akan terus mantau semua pemain tersebut dengan memerintahkan scout memberikan laporan dari setiap pertandingan mereka karena mereka semua masih memiliki potensi yang cukup tinggi, kecuali Varela, gue berencana akan menjualnya musim depan karena sudah surplus pada posisi bek kanan dan umurnya juga sudah 23 tahun tetapi perkembangannya tidak seperti yang diharapkan.

Untuk tim original yang belom gue otak atik seperti gambar di bawah.

Current timCurrent tim 2

Secara keseluruhan gue udah cukup puas dengan tim yang ada karena semuanya memiliki atribut di atas rata-rata. Justru yang jadi sedikit masalah buat gue pemain tengah yang lumayan numpuk, gue berencana untuk menggunakan formasi 4-2-3-1, dengan 2 pemain di tengah lapangan sebagai central midfielder dan deep lying playmaker. Karena gue adalah orang suka menggunakan formasi yang sama sepanjang musim dengan beberapa perubahan pada taktik gue akan menyiapkan 2 tim masing-masing dengan komposisi yang sama sehingga setiap posisi akan membutuhkan setidaknya 1 pemain sebagai pelapis. Dari data pemain yang ada gue akan kelebihan pemain di posisi tengah sehingga akan ada satu pemain yang akan gue jual di jendela transfer ini.

Untuk musim pertama gue menangani MU, kompetisi-kompetisi yang akan diikuti sebagai berikut.

Competition

Ada 5 kompetisi yang akan diikuti MU musim ini yaitu Liga Inggris, FA Cup, EFL Cup dan Europe League. Satu lagi adalah Community Shield karena MU berhasil menjuarai FA Cup pada musim sebelumnya.

Selanjutnya adalah Team Report secara keseluruhan. Menurut gue Team Report dari MU sudah sangat baik dari segala aspek dan hanya menyisakan satu aspek yang perlu diperhatikan.

Team ReportTeam Report 2

Banyak sekali kekuatan yang dimiliki oleh skuad saat ini, seperti yang udah gue bilang sebelumnya, gue udah cukup puas dengan skuad yang ada sekarang karena menurut gue hampir semua pemain di tim utama memiliki kemampuan di atas rata-rata, sehingga tidak heran tim ini memiliki banyak kekuatan di segala aspek seperti kedalaman skuad khususnya pada posisi kiper dan pemain tengah, kerjasama tim, atribut-atribut seperti first touch, strength, passing, defence, decision dan aggression. Selain itu tim ini juga memiliki pemain-pemain muda yang sangat berbakat, dana untuk payroll dan transfer yang cukup tinggi dan juga scouting stafnya merupakan salah satu yang terbaik di Liga Inggris.

Untuk susunan kepelatihan gue akan melakukan beberapa perombakan karena masih cukup banyak area yang menurut gue masih sangat kurang. Berikut penampakannya.

Overview stafCoaching staf

Terakhir, untuk detail transfer bisa dilihat pada gambar di bawah.

Transfer

Untuk musim pertama ini gue dapet dana transfer sebesar 31 juta Pounds, yang dimana menurut gue ini dana yang cukup karena gue ga berencana untuk beli pemain lain karena gue udah cukup puas dengan tim yang ada, dan kalaupun tiba-tiba gue butuh pemain pas jendela transfer tengah musim nanti gue mungkin akan beli pemain yang tidak terlalu mahal atau manfaatin pemain muda yang ada di u23 atau u18. Untuk payroll gue dapet 293 ribu Pounds, yang menurut gue ini juga cukup karena gue akan liat performa semua pemain dulu selama semusim sebelum mutusin untuk perpanjang kontrak atau engga.

Meskipun ini musim pertama gue tapi gue langsung dapet ekspektasi yang sangat tinggi dari manajemen klub. Hal ini wajar karena gue milih tim yang cukup besar.

ExpectationExpectation 2

Untuk Europe League dan Liga Inggris gue langsung diekspektasikan untuk keluar sebagai juara dan gabisa kita tawar lagi. Cuma di FA Cup gue bisa nawar kira-kira gue sanggup untuk sampe di tahap apa dan semakin tinggi tawaran kita akan semakin banyak juga budget yang kita terima baik untuk transfer ataupun payroll. Karena ini musim pertama gue gue milih cukup untuk ke final karena menurut gue ekspektasi yang gue dapet disini udah cukup berat dengan harus jadi juara Europe League dan Liga Inggris yang dimana artinya untuk bisa mencapai final juga di FA Cup gue perlu dengan sangat disiplin dalam melakukan rotasi pemain, belum lagi kalo ada cedera di tengah-tengah musim. Untuk 2 kompetisi lainnya seperti EFL Cup dan Community Shield manajemen tidak terlalu memikirkan hasil dari kompetisi tersebut sehingga kita tidak perlu dibebankan oleh ekspektasi yang tinggi di sana. Meskipun kita sudah diberikan ekspektasi dari setiap kompetisi, bukan berarti kita pasti akan dipecat di akhir musim apabila kita tidak memenuhi ekspektasi tersebut karena ada beberapa faktor lainnya yang akan dipertimbangkan seperti pengaturan keuangan yang kita lakukan, pemenuhan filosofi klub, kebahagiaan pemain dll. Jadi jangan takut kita langsung dipecat jika tidak memenuhi ekspektasi tapi jangan jadi kendor dan asal-asalan juga dalam berstrategi.

Untuk perkenalan tim yang akan gue maenin di FM gue kira segitu dulu bahasan yang bisa gue kasih. Buat taktik, training, transfer dan susunan kepelatihan yang baru akan gue bahas di post berikutnya. So, see you at the next post!

One thought on “Introduction: FM Corner”

Leave a Reply

