Ini Dimana sih?

Halo bro sis gan, apa kabar? Sorry nih udah agak lama gak update, lagi banyak deadline, maklum anak semester banyak hehe.

Kali ini gue mau nyeritain tentang beberapa pengalaman sebagai seorang commuter sejati muahahaha. Eh tapi sebelumnya udah pada tau kan commuter tuh apa? Jadi istilah pendeknya commuter itu adalah orang-orang yang menempuh jarak tertentu tiap harinya dalam melakukan kegiatannya, yaa bisa kerja, sekolah, kuliah dan lain-lain, tapi biasanya lebih umum diidentikkan dengan orang-orang yang menggunakan kendaraan umum.

Gue bisa bilang gue adalah seorang commuter sejati karena dari jaman SD ampe sekarang gue kuliah semester banyak gue adalah pengguna setia kendaraan umum, kecuali pas SMA sih, waktu itu gue jadi anak motor karena rute yang dilewatin angkutan umumnya lumayan ruwet dan macet.

Nah selama jadi pengguna kendaraan umum ini, banyak banget hal-hal yang gue alamin, apalagi di jalanan ibukota yang keras ini, kadang ada aja kejadian yang ga diprediksi sebelumnya. Salah satunya yang pengen gue ceritain di post ini, SALAH JALAN, yaa nyerempet-nyerempet ama judul lah yaaa. Kayaknya biasa aja sih yaa, sering lah pasti banyak diantara kalian yang pas jalan sering kesasar, salah jalan gitu. Yang menarik disini gue pernah naik angkutan umum yang salah jalan mulai dari Kopaja sampe Transjakarta. Nah, mulai menarik kan? Haha

Jadi dua kejadian ini gue alamin semasa tahun-tahun pertama gue kuliah. Awal-awal kuliah gue pulang-pergi rumah-kampus naek Kopaja. Suatu hari sekitar abis Isya, yaa jam-jam setengah 8an lah, gue jalan pulang dari kampus, naek Kopaja arah terminal Senen. Waktu itu emang keadaan jalanan lumayan macet ampe bikin si abang sopir Kopajanya bete gitu. Sampe akhirnya pas di lampu merah depan Taman Menteng, si sopir Kopaja yang harusnya jalan lurus ini mutusin buat belok kanan, niatnya sih mau ngambil jalur alternatif mungkin biar lebih cepet. Teriak lah tuh si sopir ke keneknya.

“Macet pula di depan ini. Minta jalan boy, banting kanan kitaaa!” teriak si sopir.

“Oke bang ayo kanan bang kanan, terus bang!” jawab si kenek sambil lambai-lambai-in tangan minta jalan.

Masuklah si Kopaja ini ke komplek perumahan Menteng yang lumayan gelap itu kalo malem. Yang bikin curiga ini si sopir nengok kanan nengok kiri, belok kanan belok kiri, tapi mukanya sok-sok tau gitu. 15 menit itu bus dibawa muter-muter di dalem komplek, ampe akhirnya dia manggil si keneknya.

“Boy, ini kita dimana ya Boy, kok ga keluar-keluar yaaa”

“Alamak bang, kau tak tau jalankah?”, jawab si kenek.

Akhirnya si kenek pun bantuin ngasih arahan jalan ke sopir, tapi ternyata sama, doi juga gatau jalanan situ, kitapun muter-muter lagi 15 menit, sampe akhirnya ketemu keluar jalan raya yang ternyata cuma 100-200 meter an dari lampu merah menteng yang terakhir kita lewatin sebelum masuk komplek. Alamak baaanggggg!

Kejadian kedua gue alamin setelah kejadian pertama tadi, kali ini gue udah pindah moda transportasi, jadi penggunan bus Transjakarta. Kali ini kejadiannya pagi, pas gue mau berangkat kuliah. Gue naik bus dari halte Plumpang di daerah Tanjung Priuk yang ngarah ke PGC. Waktu itu gue termasuk baru mulai make bus Transjakarta ini, baru sekitar semingguan kalo ga salah, jadi masih apal-apal lupa ama rutenya gitu.

Gue udah di dalem bus, waktu itu busnya bus gandeng yang panjang gitu, gue ga kebagian tempat duduk dan berdiri di tengah-tengah sambungan bus. Pas udah sampe di depan Artha Gading, yang gue tau harusnya itu bus ambil kiri naek ke flyover, tapi ini bus jalan aja di sebelah kanan, ampe kelewat flyover nya. Nah, yang gue heran itu penumpang ama petugas di dalem kaga ada yang kaget atau heran atau gimana gitu ekspresinya. Lah gue kan jadi bingung, apa gue salah naek bus apa gimana. Ampe depan MOI tuh bus belok kiri masuk ke arah Kelapa Gading. Begitu udah sampe samping MOI baru deh tuh tiba-tiba si petugas baru lari ke arah sopir. Ga lama bus itu langsung puter balik, lumayan salut juga sih ama supirnya soalnya jalannya lumayan kecil dan doi bisa langsung muterbalik in bus sepanjang itu. Pas mas-mas petugasnya balik akhirnya nanya dong gue, penasaran. Dan ternyata emang salah jalan itu busnya, harusnya naik flyover yang tadi gue bilang. Ternyata mereka emang baru tugas hari itu, supirnya sama petugas busnya. Untung aja salah jalannya ga masuk komplek mas, kasian ntar tukang sayur ama tukang bubur yang lagi jualan.

Itu kejadian salah jalan yang paling membekas yang gue inget. Sampe sekarang gue masi jadi pengguna setia Transjakarta, gue gamau beralih ke KRL karena katanya persaingannya lebih sadis, dan juga karena emang ga ada rute KRL deket rumah gue. Kalopun ada gue juga mungkin masi mikir, soalnya takutnya tuh kereta ngambil jatah salah jalan juga pas gue naekin, kan serem cuy.

Intinya sih yang mau gue sampein dari kejadian ini, ga ada yang sempurna sob, Transjakarta aja bisa salah jalan, apalagi kita yang manusia biasa, bisa salah milih kampus, jurusan ampe pasangan, tapi tetap semangat karena pasti kita akan selalu ditunjukan lagi ke jalan dan arah yang benar.

Okee, itu aja cerita gue kali ini. Masi ada beberapa cerita kurang menarik lagi seputar kendaraan umum tapi mungkin bakal gue ceritain di post-post selanjutnya kalo gue masih inget.

Thanks for reading. See youuu!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s